Skip to main content

Mencicipi Cita Rasa Legendaris Bakmi Tjo Kin di Bandung

Transportasi Bandara Kualanamu


Sejak aktifitas penerbangan dipindahkan dari Bandara Polonia ke Bandara Kualanamu, banyak kawan kawan yang menggerutu. Betapa tidak, bandara yang baru diresmikan ini berada jauh di luar kota. Tentunya bagi mereka yang ingin pergi dengan cepat harus mempersiapkan waktu beberapa jam sebelum penerbangan untuk berangkat ke bandara. Terutama kawan kawan dari Aceh yang telah terbiasa menggunakan bus malam, tiba di Terminal Pinang Baris dan lebih mudah untuk mengakses bandara Polonia dulunya. Meski diawal dirasa sangat rumit, tetapi sekarang tidaklah sulit untuk menuju Bandara Kualanmu terutama bagi kawan kawan yang menggunakan bus dari Aceh.



ALS Ring Road
Minibus ini menghubungkan Jalan Ring Road Medan dengan Bandara Kualanamu. Pool service nya tepat berada di Pool PO Putra Pelangi Perkasa Medan. Jadi kawan kawan yang datang dari Aceh bisa menggunakan armada ini. Perusahaan Otobus dari Aceh yang berdekatan dengan ALS Ring Road ini adalah Pelangi, Harapan Indah, New Pelangi. Jika kawan kawan menggunakan PMTOH, Kurnia, Anugerah, Pusaka, Sempati Star, Royal, silakan menggunakan beca dari Pool Bus menuju Pool ALS Ring Road.

Rute yang ditempuh: Jl. Ring Road, Simpang. Pos, Jl. AH Nasution / Asrama Haji, Simpang Marendal, JL. Sisingamangaraja, Terminal Amplas, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif menuju Bandara sebesar Rp. 20.000,00.
Estimasi tempuh  30 menit.




ALS Binjai
Minibus ini menghubungkan Binjai dengan Kualanamu. Melintasi Jalan Raya Binjai - Medan, Kampung Lalang, Pinang Baris, Pondok Kelapa, Jl. Ring Road, Simpang. Pos, Jl. AH Nasution / Asrama Haji, Simpang Marendal, JL. Sisingamangaraja, Terminal Amplas, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif menuju Bandara sebesar Rp. 30.000,00.
Estimasi tempuh  60-90 menit.


DAMRI Medan Fair / Carefour
Minibus ini berangkat 30menit sekali dari Carefour menuju Bandara Kualanamu.
Rute : Jl. Gatot Subroto, Jl. Iskandar Muda, Jl. S. Parman, Jl. Sudirman, Jl. Juanda, Jl. SM. Raja, Tol. Amplas, Tol. Tj. Morawa, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif: Rp. 20.000,00
Estimasi Tempuh 40 menit.


DAMRI Amplas.
Minibus ini menghubungkan terminal Amplas dengan Bandara Kualanamu. Diberangkatkan setiap 30menit.
Rute:  Tol. Amplas, Tol. Tj. Morawa, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif Rp. 15.000,00
Estimasi Tempuh 30 menit.

Bus ALMASAR Cemara
Minibus ini menghubungkan Cemara dengan Bandara Kualanamu. Diberangkatkan setiap 1jam.
Rute: Tol Belmera, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif: Rp. 20.000,00
Estimasi Tempuh 30 menit.

PARADEP Pematang Siantar.
Meski memiliki rute Pematang Siantar, tidak jarang minibus ini juga sampai ke Parapat. Jadwal pastinya bergantung dari pemberangkatan di Siantar.
Rute: Parapat, T. Dolok, P. Siantar, Tebing Tinggi, Rampah, Perbaungan, Lubuk Pakam, Sp. Kayu Besar, Bandara Kualanamu.
Tarif: Rp. 50.000,00
Estimasi Tempuh 3jam dari Pematang Siantar.

Kereta Api
Mungkin Kualanamu adalah satu satunya bandara di Indonesia yang saya pernah kunjungi menggunakan kereta api. Kereta api ini berangkat dari Stasiun CRS (City Railway Station) di Stasiun Medan. Satu hari mempunyai 10kali jadwal pemberangkatan dari Medan dan 10 kali dari Kualanamu.Tiket dapat dibeli melalui Ticket Vending Machine yang tersedia di Stasiun Medan, menggunakan electronic payment seperti Kartu Prabayar, Kartu Debit ataupun Kartu Kredit berlogo Visa dan MasterCard. Selain membeli langsung di loket stasiun, tiketpun bisa dilakukan online di http://www.railink.co.id. 

Jadwal kereta api dari stasiun Medan ke Kualanamu adalah 03.30; 04.50; 06.15; 08.20; 11.10; 13.45; 15.15; 17.15; 19.20; dan 20.00 WIB. Sedangkan jadwal dari Kualanamu ke Medan adalah: 05.50; 06.20; 08.00; 09.25; 12.25; 14.55; 16.25; 18.50; 20.25; dan 24.15 WIB (sumber Tribunnews.com)

Tarif: Rp. 80.000,00
Estimasi Tempuh 45 menit.




Comments

  1. Keren ya Infonya. Lengkap sangat lah. Dan setelah saya cek sendiri ke Bandara Kualanamu, yg kebetulan ada di belakang desa saya (desa kualanamu), takjub saya. Bandaranya keren. Moda transpot pendukung bandara pun sangat lengkap.

    ReplyDelete
  2. Kebetulan bro..
    saya ke kuala tanggal 12 bulan 8 ne..
    boleh minta nmr supir Bus ALS Ring Road.
    ne mnr saya : 085762275090
    sms kn ja y..
    di tunggu y bro...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf saya gak punya. Armada nya banyak kok, jadi jangan takut kehabisan :)

      Delete
  3. Mantab infonya bro....thanx ya :-)

    ReplyDelete
  4. Info tidak update
    Bus ALS Kuala namu ke Simpang Pos 50.000,-
    Semoga supirnya kaya !
    kejadian 23 January 2019 Pukul 22.00 WIB
    Hati hati kawan

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

El Comandante Coffee

Pria berambut pendek dan rapih menyambut kedatangan sore kala itu. Terlihat bordir halus di bagian belakang kemeja coklat muda nama kedai kopi. Seperti mengulang, meja kembali di bersihkan meski terlihat tak ada kotoran sedikit pun. Belum lagi senyum simpul saya berakhir, pemuda tersebut langsung menghilang ke dalam bangunan ruko tiga pintu tersebut. Elcomandante Coffee beberapa tahun terakhir ini menjadi tempat melepas penat atau bertemu banyak sahabat.

Naik Kereta Api Second Class Semalaman Dari Hatyai ke Bangkok (Thailand Part 3)

Setelah Menyambangi Wat Hat Yai Nai di Hatyai   seharian tadi. Sebenarnya tidak seharian juga, karena hanya beberapa saat saja. Saya kembali ke Stasiun Kereta Api Hatyai. Ternyata ibu penjual kopi tadi pagi masih setia menunggu. Tidak ada salahnya memesan Thai Tea langsung di Thailand. Beliau tersenyum ketika saya sebut Thai Tea, "this name Tea, only Tea" ujarnya lagi. Seperti di Aceh, mana ada Kopi Aceh. Cuaca siang itu sangat terik, sementara jadwal kereta api masih lama. Sehingga 4 jam lamanya saya berputar putar di dalam stasiun kereta api. Menikmati makan siang di kantin stasiun. Menumpang isi baterai telepon seluler, bolak balik kamar mandi dan melihat lalu lalang pengunjung stasiun. Sayang sekali tidak banyak kursi tunggu yang disediakan. Jadilah hanya bisa duduk duduk saja. Kurang dari 1 jam menjelang keberangkatan, saya kembali mandi di toilet stasiun. Tenang saja, ada bilik khusus untuk kamar mandi. Hatyai itu panasnya luar biasa, jadi sebelum berangkat lebih baik m

Naik Bus dari TBS Malaysia ke Hat Yai Thailand

1 Juni 2019. Air Asia terakhir mengantarkan siang itu ke petang Sepang. Setelah 1 jam tanpa sinyal telepon seluler. Sebelumnya aku menikmati internet gratis dari wifi yang ditebar di Bandara Iskandar Muda, Aceh Besar. Internet dapat ditemukan dan diakses dengan mudah. Demikian juga ketika mendarat di Kuala Lumpur International Airport 2. Dinginnya selasar kedatangan membuat jantung berpacu. Berdegup keras seperti kecepatan telepon seluler menjelajah internet gratis disana. Sengaja bergegas, mengabaikan toilet dan berharap antrian imigrasi tidak ramai.  Ini kali kedua mengalami tak ada antrian yang berarti di imigrasi. Petugas hanya memastikan sembari tersenyum “Dari Aceh? Mau lanjut ke Jakarta?” Mereka seakan terbiasa menghadapi masyarakat Aceh yang singgah sejenak di Negeri Jiran hanya untuk kembali menyeberang ke kota-kota lain di Indonesia. “Tak Cik, saya nak pi Thailand kejap ini malam dari TBS”. Cop cop, sidik jari, dan imigrasi berlalu begitu saja. Sudah 3 tempat pen